Sabtu, Oktober 22

Cara Menggunakan Aplikasi e Faktur Pajak Beserta Cara Pendaftarannya

Cara Menggunakan Aplikasi e Faktur Beserta Cara Pendaftarannya - Cara menggunakan aplikasi e Faktur ini sebenarnya tidak sulit asalkan PKP (Pengusaha Kena Pajak) sudah mendapatkan kode aktivasi. Selain itu PKP juga arus memiliki password dan sertifikat digital, cara mendapatkannya yaitu dengan mengajukan permohonan ke kantor pelayanan pajak. Kemudian kode aktivasi akan dikirimkan melalui POS ke alamat PKP. Sementara untuk password aktivasi akan dirikim ke alamat email PKP. Untuk sertifikat digitalnya sendiri dapat didownload via e-Nova yaitu di efaktur.pajak.go.id. Jika PKP sudah memiliki 3 hal penting tersebut, maka penggunaan aplikasi e-Faktur dapat dilakukan secara mudah.

cara menggunakan e-faktur, cara pengisian e faktur pajak, tutorial e faktur pajak, cara mengisi e faktur, cara membuat faktur pajak keluaran, cara mengisi e faktur pajak,
Cara Menggunakan Paket Wifi Telkomsel Simpati Loop di Android
e-Faktur atau faktur elektronik sendiri merupakan aplikasi yang disediakan oleh direktorat Jenderal Pajak. Aplikasi ini ditujukan untuk Wajib Pajak yaitu dapat pembuatan FPE (Faktur Pajak Elektronik). Dari uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa cara buat e Faktur sebenarnya cukup sederhana dan mudah. Namun dengan syarat dan ketentuan yang berlaku, jika Anda sudah mengetahui cara membuat e Faktur maka simak ulasan berikut.

Berikut adalah cara mudah menggunakan aplikasi e Faktur yang dapat Anda ketahui:

1. Buat folder baru

Cara menggunakan aplikasi e Faktur yang pertama yaitu buat folder baru, misalnya saja PT. Erlangga.

2. Download sertifikat elektronik

Langkah berikutnya yaitu download sertifikat elektronik via e-Nova dengan mengunjungi https://efaktur.pajak.go.id. Untuk dapat masuk ke e-Nova sendiri Anda harus login, silakan masukkan username yaitu NPWP PKP. Jumlah NPWP adalah 12 digit, masukkan semuanya dan jangan sampai salah. Untuk password biasanya dikirim ke email, silakan cek email Anda. Jika sudah berhasil masuk maka klik Download Sertifikat Digital yang ada di kiri dan klik Unduh. Cara menggunakan aplikasi e Faktur selanjutnya yaitu menyimpan sertifikat elektronik yang sudah Anda download di folder yang sudah Anda buat.

3. Download aplikasi e Faktur

Silakan download aplikasi e Faktur yang sesuai dengan spesifikasi komputer Anda. Apakah menggunakan Windows atau Linux dan apakah 32 bit atau 64 bit, sesuaikan dengan spesifikasi komputer Anda.

4. Ekstrak pada folder yang Anda buat

Aplikasi e Faktur yang Anda download masih berupa zip sehingga perlu diekstrak. Silakan saja simpan file tersebut di folder yang Anda buat sebelumnya lalu klik kanan pada file dan pilih Extract here.

5. Klik ETaxInvoice.exe

Cara menggunakan aplikasi e Faktur selanjutnya yaitu dengan double klik pada ETaxInvoice.exe. Lanjutkan dengan memilih local database dan pilih Connect dan pada halaman berikutnya, silakan isi dengan NPWP perusahaan Anda.

Cara pakai e Faktur berikutnya yaitu cantumkan saja sertifikat dan passprase atau password yang Anda buat ketika mengajukan pembuatan sertifikat elektronik yang dikirim ke email. Silakan isi kode aktivasi yang dikirim ke alamat rumah Anda melalui POS. Lanjutkan dengan melakukan register User, yaitu mengisi user name dan password sesuai keinginan Anda. Kemudian pilih Daftarkan User dan register sukses, akhiri cara pendaftaran aplikasi e Faktur ini dengan mengklik OK. Setelah itu, Anda dapat melanjutkan cara menggunakan aplikasi e Faktur dengan sangat mudah dan nyaman.
Cara Menggunakan Aplikasi e Faktur Pajak Beserta Cara Pendaftarannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: syfa' Sauqiah