Kamis, Oktober 27

Cara Menggunakan Kompas Bidik Untuk Menentukan Posisi Pada Peta

Cara Menggunakan Kompas Bidik Untuk Menentukan Posisi Pada Peta - Cara menggunakan kompas bidik untuk menentukan posisi, saat ini sudah jarang dipelajari. Hal tersebut karena kemajuan teknologi yang kian pesat dan harga alat navigasi yang semakin murah dan terjangkau. Namun demikian, pada beberapa kondisi, kompas ini masih digunakan dan memiliki fungsi yang cukup vital. Biasanya, penggunaan kompas bidik digabungkan dengan penggunaan peta kontur atau peta topografi untuk dapat menentukan posisi dengan lebih akurat.

Bagian Pada Kompas Bidik

Cara menggunakan kompas bidik akan lebih baik bila kita mengetahui bagian yang ada dan cara kerja kompas tersebut. Kompas bidik, sebagaimana kompas lainnya bekerja sesuai dengan kutub bumi. Secara sederhana, kompas ini akan menunjukan arah utara dan selatan. Namun demikian, ada beberapa kelengkapan kompas bidik yang membedakan dengan kompas biasa maupun kompas silva.

Berikut Ini Beberapa Bagian Kompas Yang Perlu Diketahui

1. Jarum kompas, menunjukan arah utara dan selatan dan bekerja secara magnetis. Karena itu, sebaiknya lepas perlengkapan yang terbuat dari logam, seperti jam tangan, gelang, cincin, dan lainya saat menggunakan kompas ini. Karena akan mempengaruhi pergerakan jarum kompas.

2. Skala kompas, terdapat 2 skala pada kompas bidik, pada bagian dalam dan bagian bodi kompas yang menggunakan skala seperti angka pada busur derajat. Angka tersebut tercantum dalam skala melingkar dimana dalam lingkaran penuh akan mengukur sebesar 360 derajat.

3. Kaca pembesar, biasanya terdapat 2 kaca pembesar, yaitu pada bagian kaca kompas, dan kaca pembesar tambahan dengan mekanisme engsel. Cara menggunakan kompas bidik akan lebih mudah dengan menggunakan gabungan dari kedua lensa tersebut.

4. Bagian pembidik, berupa lubang horisontal pada tutup kompas yang digunakan untuk membidik arah atau objek tertentu. Dibagian tengah lubang ada semacam benang atau kawat tipis untuk lebih akurat dalam membidik sasaran.

5. Kuncian kompas, selain digunakan untuk mengunci kompas saat menutup, juga digunakan dengan cara memasukan ibu jari kedalamnya saat kompas terbuka, sehingga cara menggunakan kompas bidik akan terletak pada punggung ibu jari bagian dalam dan stabil saat digunakan.

Cara menggunakan kompas bidik yaitu dengan menembak pada titik yang kita ketahui, misalkan pada puncak bukit atau puncak gunung yang ada pada peta topografi. Arahkan lubang bidik dan posisikan puncak bidik pada bagian benang. Setelah stabil kita bisa melihat kaca pembesar dan mengetahui berapa derajat arah yang ada. Lakukan pengukuran beberapa kali pada titik yang sama untuk lebih akurat, kemudian catat arah yang ada dalam ukuran skala derajat yang disebut dengan skala Azimut.
Cara menggunakan kompas bidik bila telah mendapatkan arah, maka kita bisa menentukan posisi dengan mencari titik lain yang kita ketahui sebagai penanda kedua dan melihat konfigurasi dengan menggunakan peta. Menggunakan kompas bidik memang cukup mudah dan memiliki fungsi yang penting. Karena itu, Anda bisa membeli kompas tersebut di beberapa tempat. Harga kompas bidik yang termurah hanya sekitar 50 ribuan yang bisa kita beli di toko buku atau toko olahraga.
Cara Menggunakan Kompas Bidik Untuk Menentukan Posisi Pada Peta Rating: 4.5 Diposkan Oleh: syfa' Sauqiah