26 Oktober 2016

Cara Menggunakan Mikroskop Cahaya Dengan Benar

Cara Menggunakan Mikroskop Cahaya Dengan Benar Agar Akurat Melihat Objek - Cara menggunakan mikroskop cahaya dengan benar akan menentukan akurasi citra gambar dari objek yang kita amati dengan mikroskop. Citra gambar atau tampilan objek yang kita lihat akan ditentukan oleh kualitas microskop yang akan kita gunakan. Karena itu sebelum menggunakan mikroskop kita harus memeriksa apakah mikroskop cahaya yang akan kita gunakan bisa bekerja dengan baik. Hal itu bisa kita lakukan dengan memeriksa kelengkapan mikroskop yang kita gunakan.
Mikroskop cahaya adalah mikroskop dengan dua jenis lensa, lensa pada miksroskop cahaya yaitut lensa objektif dan okuler. Cara kerja mikroskop cahaya dibantu oleh pantulan cahaya yang menembus objek sehingga mampu memperbesar bayangan. Bayangan objek yang dihasilkan mikroskop cahaya bisa hingga 1000x. Mikroskop cahaya karenanya memiliki perbedaan dengan mikroskop elektron, maupun mikroskop binokuler. Karena itu, perlu diketahui cara menggunakan mikroskop cahaya dengan benar.

Bagian-bagian mikroskop cahaya terdiri atas bagian optik dan bagian mekanik. Cara menggunakan mikroskop cahaya dengan benar pertama adalah meletakan mikroskop dengan benar pada meja atau bidang yang rata, aman dan kuat atau stabil. Kemudian pastikan mikroskop berada pada posisi yang pas dengan tinggi si pengamat. Jangan meletakkan mikroskop di bidang miring yang tidak stabil karena akan mengganggu proses penggunaan mikroskop. Selain itu mikroskop dapat jatuh dan rusak.

Berikutnya, cara menggunakan mikroskop cahaya dengan benar adalah putar bagian revolver hingga lensa objektif yang memiliki perbesaran rendah berada di posisi yang tepat. Yaitu satu poros dengan lensa okuler. Nah, Anda harus memperhatikan adanya bunyi atau tanda klik pada revolver apabila posisi lensa objektif dan lensa okuler telah pas terpasang. Jika Anda sudah merasa mendengar bunyi klik, Anda dapat mulai mengatur diafragma dan cermin yang ada pada mikroskop cahaya.

Cara mengatur diafragma dan cermin pada mikroskop cahaya penting untuk melihat bagaimana cahaya yang diterima. Cahaya ini tentunya sangat penting bagi penggunaan mikroskop cahaya. Aturlah hingga lensa okuler tampak terang dan berbentuk bulat pada bagian lapang pandangnya. Jika pencahayaan sudah cukup jelas, cobalah untuk menempatkan preparat pada meja benda. Yaitu tepat di posisi lubang preparat. Setelah itu, jepitlah dengan penjepit objek preparat agar objek tidak bergeser saat diamati.

Anda bisa mencoba melihat bagaimana penampakan objek di preparat. Jika perlu aturlah fokus agar gambar objek semakin jelas. Caranya dengan memutar bagian pemutar kasar. Sementara agar gambar tampak tajam Anda dapat memutar bagian pemutar halus. Anda bisa mengganti lensa objektif sesuai kebutuhan dengan cara memutar revolver sampai terdengar bunyi klik. Cara menggunakan mikroskop cahaya dengan benar mudah bukan? Jangan lupa bersihkan dan simpan kembali mikroskop di tempat yang aman.
Cara Menggunakan Mikroskop Cahaya Dengan Benar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: syfa' Sauqiah