Cara Menggunakan Ohm Meter Untuk Memeriksa Berbagai Komponen

Cara Menggunakan Ohm Meter Untuk Memeriksa Berbagai Komponen - Ohm meter secara sederhana bisa dikatakan sebagai alat untuk mengukur kekuatan hambatan pada komponen listrik. Saat ini, terdapat dua jenis ohm meter, yaitu ohm meter jarum analog dan ohm meter digital. Cara menggunakan ohm meter cukup mudah, biasanya ada dalam petunjuk manual saat kita membeli produk ohm meter. Ohm meter biasanya merupakan alat yang tergabung dalam Multimeter atau avometer.

cara kerja ohm meter, cara membaca ohm meter, cara mengukur ampere dengan multimeter, cara pemakaian ohmmeter, cara pengukuran ohm meter,
Cara Menggunakan Concealer Wardah Agar Hasilnya Maksimal

Cara Kerja Ohm Meter

Sebelum melangkah lebih jauh ke cara menggunakan ohm meter, alangkah lebih baik kita mengetahui secara singkat dan sederhana cara kerja ohm meter dalam mengukur dan memeriksa hambatan. Hal itu diperlukan untuk lebih memahami fungsi dan kegunaan ohm meter sendiri. Ohm meter digunakan untuk menentukan besaran hambatan pada komponen listrik, yang akan menentukan kerja komponen yang ada.

Cara menggunakan ohm meter untuk memeriksa “hambatan tak terbatas”. Hambatan tak terbatas menunjukan bahwa dalam rangkaian terjadi hambatan yang mengakibatkan arus listrik tidak mengalir. Untuk itu, perlu diperiksa komponen atapun sirkuit yang ada secara lokal dan spesifik untuk mengetahui penyebab hambatan tersebut. Bila kasus ini terjadi, ada komponen yang tidak tersambung atau sirkuit ada yang terbuka. Cara ini juga dilakukan untuk mendeteksi kabel yang putus atau rusak.

Setiap komponen atau bahan konduktor bisa dipastikan mengalirkan arus listrik. Setiap bahan dengan zat dan rangkaian yang berbeda akan memiliki tingkat hambatan yang berbeda. Secara sederhana bisa dianalogikan, bila mobil berjalan adalah arus listrik yang mengalir, maka jalan adalah komponen yang dialiri arus listrik. Nilai hambatan ohm meter akan berbeda bila mobil melewati jalan aspal, berbatu, maupun tanah, sehingga akan memerlukan besar energi yang berbeda untuk melewati jalan tersebut.

Menggunakan Ohm Meter Yang Ada Pada Multimeter

Cara mengunakan ohm meter yang ada pada alat multimeter cukup mudah untuk dilakukan. Pertama kita harus memastikan bahwa alat yang akan kita ukur tidak terhubung dengan sumber tegangan atau sumber listrik. Sumber listrik yang dimaksud adalah listrik AC maupun listrik DC, agar ohm meter bisa melakukan pembacaan dengan lebih akurat. Setelah itu, pastikan kita telah setting ohm meter pada pembacaan hambatan dengan memutar selector switch agar terjadi pengukuran dengan benar.

Tuas pengukur atau probe yang berwarna merah dan hitam kemudian kita akan gunakan untuk melakukan pengukuran. Sebelum itu, sebaiknya kita lakukan kalibrasi untuk menunjukan bahwa ohm meter bekerja dengan baik dan akurat. Cara menggunakan ohm meter untuk melakukan kalibrasi sangat mudah. Kita bisa menggunkan resistor yang telah memiliki nilai hambatan yang pasti. Pasangkan probe pada kedua ujung resistor, dan pastikan nilai yang dibaca sama dengan nilai resistor yang ada.
Cara Menggunakan Ohm Meter Untuk Memeriksa Berbagai Komponen Rating: 4.5 Diposkan Oleh: syfa' Sauqiah
 
top sites
top sites DMCA.com Protection Status Top  blogs Technology Blogs
submit a blog