Cara Menggunakan Oven Listrik Untuk Panggang Ayam Dan Daging

Sebagian orang masih belum tahu bagaimana cara menggunakan oven listrik. Jika Anda adalah salah satunya, Anda wajib membaca uraian berikut ini secara lengkap. Oven listrik memang menjadi sesuatu alat yang banyak digunakan untuk proses pembuatan makanan, baik kue atau masakan lainnya. Sebelum menggunakan oven listrik, orang-orang banyak yang menggunakan oven gas. Dengan hadirnya oven listrik, proses memanggang makanan menjadi lebih cepat dan lebih praktis. Proses pemanggangan menggunakan oven listrik juga lebih aman dibandingkan dengan menggunakan oven gas.

cara-menggunakan-oven-listrik,cara-memakai,cara pakai,tips memakai,
Manfaat, Cara Menggunakan Galih Kelor dan Cara Perawatannya

Bagi Anda yang selama ini belum tahu bagaimana cara menggunakan oven listrik, Anda dapat membaca uraian berikut. Setelah membaca uraian berikut, Anda akan lebih ahli dalam memakai oven listrik. Oven listrik sendiri merupakan oven yang memakai tegangan listrik sebagai sumber energinya. Jadi penggunaan perangkat elektronik yang satu ini sangat bergantung pada tenaga listrik sama seperti cara menggunakan las listrik. Jika listrik sedang padam, tentunya Anda tidak dapat memakai oven untuk memasak atau memanggang kue. Dengan memakai oven listrik, Anda dapat membuat kue kering, memasak ayam dan lain sebagainya.

Cara Memanggang Kue Kering Dalam Oven

Penting untuk Anda ingat, beda jenis makanan yang ingin Anda olah maka beda pula cara menggunakan oven listrik. Selain itu, jenis oven yang ingin Anda beli sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Untuk pembuatan kue-kue kering, Anda dapat mengatur oven listrik dengan suhu 200 derajat celcius. Untuk lama pemanggangan tergantung dari kue-kue kering yang Anda panggang. Jika hanya kue-kue kering kecil dan tipis maka tidak terlalu lama, cukup 10 sampai 20 menit saja. Cara memakai oven ini lebih cepat dibandingkan dengan cara menggunakan oven gas.

Cara Memanggang Daging

Untuk potongan daging yang ukurannya kecil-kecil dan daging lebih lembut, panaskan oven disuhu 204 derajat Celsius atau juga bisa lebih tinggi agar proses memanggang lebih cepat. Jika potongan danggingnya lebih besar, seperti ukuran steak misalnya, panaskan oven suhu lebih rendah atau 191 derajat Celsius atau juga bisa lebih rendah lagi untuk memastikan bagian dalam dagingnya matang merata dan juga dibagian luarnya tidak gosong. Jika Anda cukup sabar atau memiliki waktu yang lebih luang, gunakan suhu 121 derajat Celsius untuk menghasilkan daging panggang yang bumbunya meresab matang sempurna.

Daging harus dipanggang di tengah rak, stael suhu 170 hingga 210 derajat Celsius. Daging yang tidak terlalu mengandung banyak berlemak harus dipanggang pada suhu lebih tinggi dan juga dalam waktu lebih singkat dibandingkan daging yang berlemak, sedang daging berlemak harus di panggang dengan suhu yang rendah dan juga dalam waktu yang lebih lama.

Sebagai contoh:
Lama panggang daging steak ketebalan 1,5 cm
Panggang daging selama 1-1,5 menit setiap bagian sisinya,untuk kematangan rare (Seperempat Matang)
Panggang daging selama 2-3 menit setiap bagian sisinya,untuk kematangan medium (Tiga Perempat Matang)
Panggang dagig selama 3-4 menit setiap bagian sisinya,untuk kematangan well done (Matang Sempurna)

Lama panggang daging steak ketebalan 2-3 cm
Panggang daging selama 2-3 menit setiap bagian sisinya, untuk kematangan rare (Seperempat Matang)
Panggang daging selama 4-5 menit setiap bagian sisinya, untuk kematangan medium (Tiga Perempat Matang)
Panggang daging selama 5-6 menit setiap bagian sisinya, untuk kematangan well done (Matang Sempurna)

Oven listrik memakai tenaga listrik sebagai sumber energinya sehingga panas oven lebih stabil. Sementara oven gas lebih berisiko mengalami suhu yang kurang stabil. Untuk itu, hasil pemanggangan memakai oven listrik lebih matang merata dibandingkan jika memakai oven gas. Jadi untuk Anda yang sering membuat panggangan yang gosong karena penggunaan oven gas, cobalah beralih menggunakan oven listrik.

Cara menggunakan oven listrik untuk memasak ayam biasanya membutuhkan suhu yang lebih tinggi dibandingkan untuk memanggang kue tentunya. Saran panas yang digunakan dalam memasak daging ayam, 204 derajat Celsius: untuk dada ayam, 191 derajat celsius: pada ayam utuh.

cara-menggunakan-oven-listrik,cara-memakai,cara pakai,tips memakai,

Bagaimanapun, penggunaan oven listrik lebih praktis, lebih mudah dan lebih aman dibandingkan memakai oven gas. Oven listrik juga disertai dengan timer, cocok untuk Anda yang pelupa. Jika memakai oven gas, ketika Anda lupa maka risiko kue gosong sangat besar.

Hal tersebut tidak akan Anda alami jika Anda memakai oven listrik. Selain dapat mengatur waktu memanggang, Anda juga dapat mengatur suhu sesuai dengan kebutuhan. Tidak seperti jika Anda menggunakan oven gas yang cukup sulit dalam mengatur suhunya. Cara menggunakan oven listrik tidak hanya mudah tetapi juga praktis dan aman.
Cara Menggunakan Oven Listrik Untuk Panggang Ayam Dan Daging Rating: 4.5 Diposkan Oleh: syfa' Sauqiah
 
top sites
top sites DMCA.com Protection Status Top  blogs Technology Blogs
submit a blog