18 Oktober 2016

Langkah Cara Menggunakan Multitester Digital untuk Mengukur Tegangan AC dan DC

Cara Menggunakan Multitester Digital untuk Mengukur Tegangan AC dan DC - Tidak banyak orang yang tahu mengenai cara menggunakan multitester digital, terutama bagi kaum hawa. Multitester merupakan salah satu alat elektronik yang digunakan untuk mengukur hambatan, tegangan dan juga arus listrik. Multitester juga dikenal sebagai multimeter atau avometer yang merupakan singkatan dari ampere, volt, ohm dan meter. Jenis multitester sendiri ada 2 yaitu multitester digital dan juga multitester analog.

cara-menggunakan-avometer-analog,-cara-menggunakan-multimeter-digital-heles,-cara-menggunakan-multitester-digital-sanwa-cd800a,-cara-mengukur-ampere-dengan-multimeter-digital,-
Tutorial Cara Menggunakan Aplikasi Bigo Live yang Sangat Sederhana

Untuk multitester analog, tampilannya masih menggunakan sistem analog. Sementara multitester digital sudah menampilkan angka-angka dengan proses perhitungan yang lebih sederhana. Jika sampai saat ini Anda masih belum tahu bagaimana cara menggunakan multitester digital, berikut ini akan disampaikan penjelasannya. Di bawah ini merupakan contoh bagaimana cara menggunakan multitester untuk menghitung tegangan DC (DC Voltage):

1. Atur posisi sakelar Selektor ke DC Voltage.

2. Selanjutnya pilih skala yang sesuai dengan tegangan yang ingin diukur. Jika tidak tahu tegangan yang ingin diukur, maka tetapkan skala tegangan yang lebih tinggi. Tujuannya adalah untuk menghindari kerusakan multitester digital. Sementara cara menggunakan multitester analog pada langkah ini, misalnya mengukur 6 Volt maka Anda dapat memutar sakelar pada 12 Volt.

3. Langkah berikutnya yaitu hubungkan probe ke terminal tegangan pada benda yang ingin diukur. Sementara pada probe merah ke terminal positif dan probe hitam ke terminal negatif. Pastikan agar pemasangan ini benar, jangan sampai memasangnya terbalik.

4. Baca hasil pengukuran yang sudah Anda lakukan di display berupa angka-angka yang muncul.

Lakukan cara menggunakan multitester digital ini hanya untuk mengukur tegangan DC Voltage saja. Jika mengukur tegangan AC Voltage maka tidak ada polaritas yang harus diperhatikan. Untuk langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut:

1. Atur posisi sakelar Selektor ke AC Voltage.

2. Setelah itu pilih skala sesuai dengan tegangan yang akan diukur. Untuk cara menggunakan multimeter analog, misalnya Anda ingin mengukur 220 Volt maka putar sakelar selektor ke 300 Volt. Jika Anda tidak tahu berapa tegangan benda yang ingin diukur maka sebaiknya putar sakelar selektor ke tegangan yang paling tinggi untuk menghindari kerusakan multimeter.

3. Cara menggunakan multitester digital terakhir yaitu dengan menghubungkan probe ke terminal tegangan pada benda yang akan diukur.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa tidak ada polaritas jika ingin mengukur tegangan AC Voltage. Jadi setelah Anda selesai melakukan langkah-langkah tersebut maka Anda dapat langsung melihat hasil di layarnya. Avometer atau multitester atau multimeter ini dapat digunakan juga untuk mengukur arus listrik, mengukur resistor dan lain sebagainya. Itulah cara menggunakan multitester yang dapat disampaikan, semoga saja dapat membantu Anda dalam menggunakan multitester. Coba dan praktekkan cara menggunakan multitester digital ini di rumah dengan mengikuti langkah-langkahnya secara tepat.
Langkah Cara Menggunakan Multitester Digital untuk Mengukur Tegangan AC dan DC Rating: 4.5 Diposkan Oleh: syfa' Sauqiah